Belasan Warga Terserang DBD, Satu Meninggal

  • Whatsapp
FOGGING : Upaya Fogging terus dilakukan oleh pihak Dinkes Kaur untuk mencegah penularan DBD di Kabupaten Kaur

BINTUHAN – Serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) makin mengganas di Kabupaten Kaur. Sebab Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur mencatat sepanjang Januari 2021 hingga Juni ini, sudah ada 14 warga Kaur yang diserang wabah DBD. Dimana atu pasien diantaranya bahkan meninggal dunia.

“Januari hingga akhir Juni 2021 ini, totalnya ada 14 orang yang terkena DBD. Satu pasien balita asal Kecamatan Kaur Selatan beberapa hari lalu meninggal dunia,” kata Kepala Dinkes Kaur Azwar S Sos beberapa hari lalu.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Azwar, berdasarkan rincian laporan masing-masing Puskesmas di Kabupaten Kaur in, tren kenaikan angka terjadi pada Juni yang mencapai 4 Kasus hingga menyebabkan satu pasien meninggal dunia. Di mana musim penghujan yang diselingi terik matahari menjadi faktor utama perkembangbiakan jentik nyamuk. Kondisi tersebut diperparah dengan pola hidup masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan hidup. “DBD ini sama dengan wabah corona dan sangat bahaya. Apalagi kini curah hujan tinggi masyarakat kita minta agar selalu menggerakan 3 M (menguras, mengubur dan membersihkan). Juga kalau ada warga terserang DBD kita langsung fogging,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya tak bosan-bosan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk di musim penghujan seperti sekarang ini. Selain itu juga ia mengimbau agar pihak Kades atau RT mengajak masyarakat kembali menggalakan gotong royong membersihkan lingkungan agar tidak ada sampah yang menumpuk dan menutupi drainase sebagai langkah antisipasi penyebaran wabah DBD. “Kita minta kepada Kades, lurah dan camat untuk mensosialisasikan gerakan 3 M dan juga menggalakan kebersihan lingkungan dengan cara gotong royong agar kita semua terhindar dari wabah DBD ini,” imbaunya.(jul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *