Dinsos Dorong Pembentukan Puskesos Desa/Kelurahan Se Bengkulu Selatan

  • Whatsapp
SOSIALISASI: Dinas Sosial BS melakukan sosialisasi pembentukan SLRT dan Puskesos di setiap desa dan kelurahan di BS

KOTA MANNA – Dinas Sosial BS terus mendorong desa dan kelurahan yang ada di BS untuk membentuk Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan juga Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS).

Plt. Kadis Sosial BS Didi Ruslan mengatakan, adanya program SLRT dan PUSKESOS di setiap desa dan kelurahan bertujuan untuk mempermudah verifikasi dan validasi DTKS di masing-masing desa serta proses pemutakhiran data DTKS. “Puskesos ini ibaratnya Dinas Sosial di desa atau kelurahan, masyarakat yang ingin berurusan di SLRT dan lainnya cukup melalui Puskesos ini, tidak perlu lagi ke Dinas Sosial lagi nantinya,” ungkap Didi.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Didi, Puskesos merupakan program sistem layanan dan rujukan terpadu yang merupakan wujud dari unit pelayanan bagi rumah tangga miskin di BS. Dimana Puskesos, merupakan tempat pelayanan bagi rumah tangga sasaran di wilayah kecamatan, desa/kelurahan dalam pelaksanaan percepatan rogram penanggulangan kemiskinan.

“Tujuannya ya itu tadi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem perlindungan sosial guna mengurangi kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan,” ungkapnya.

Puskesos juga dijadikan sebagai pusat layanan rujukan bagi masyarakat yang memerlukan layanan kesejahteraan sosial secara terpadu.

Sehingga, keberadaan Puskesos diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap multi program atau layanan yang dibutuhkan seperti, Program Indonesia Sehat, Program Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan, Program Sembako, Subsidi Listrik, Subsidi Gas, Subsidi Pupuk, Rumah Tidak layak Huni, Administrasi Kependudukan, dan program daerah yang dialokasikan untuk penanganan kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat. (yip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *