Kuliah 3,3 Tahun Raih Gelar Cumlaude, Ini Rahasianya

  • Whatsapp
ANTUSIAS : Segenap wisudawan dan wisudawati STIT-Q Manna, Rabu (31/3)

KOTA MANNA – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Quraniyah Manna menggelar wisuda ke XVII. Acara yang digelar sejak Selasa (30/3) – Rabu (31/3) tersebut, menjadi moment kebahagian bagi puluhan mahasiswa yang diwisuda. Terutama Vina Putri Rahayu (23) yang meraih nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) nyaris sempurna yakni 3,96 dengan predikat cumlaude.

Bangganya lagi, cewek manis asal Desa Gunung Kembang Kecamatan Manna hanya butuh waktu 3,3 tahun saja duduk dibangku kuliah. Buah hati dari empat bersaudara pasangan H. Rasyid dan Nurjaliah (almh) ini sejak awal kuliah telah menanamkan tekad untuk bisa lulus dengan predikat terbaik.

Ada beberapa modal yang ia tanamkan untuk mencapai prestasi itu. Pertama, rajin belajar dan menjaga hubungan baik dengan sesama akademisi di kampus. “Selama kuliah di STIT-Q Manna, banyak sekali halang dan rintangan yang terjadi. Apalagi, ketersediaan ekonomi keluarga pas-pasan. Membuat saya harus berpikir positif dan lebih giat dalam belajar,” ujarnya.

Diteruskannya, semasa kuliah di STIT-Q Manna ia lebih banyak dihabiskan di perpustakaan untuk membaca buku. Disamping itu, Vina juga aktif mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler di kampus untuk menambah wawasan di bidang non akademik.

“Berkat banyak membaca literasi di berbagai sumber baik buku ataupun di internet. Akhirnya saya menemukan metode belajar yang cocok dan pas. Metode itu yakni belajar sambil menghafal. Yaitu, dimana kita tetap melaksanakan aktifitas sehari-hari namun tetap menyelipkan materi pelajaran di sela kegiatan itu,” ungkapnya.

Dicontohkannya, saat mengikuti acara pengajian. Maka ia akan menghubungkan acara tersebut dengan bidang mata kuliah yang sedang dipelajari. Dengan cara itu, secara tidak langsung akan lebih mudah mengingat semua materi yang disampaikan oleh para dosen di kampus.

“Kebetulan jurusan yang saya ambil adalah Pendidikan Agama Islam (PAI). Jadi semua aspek yang saya pelajari berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat. Disamping itu, dalam belajar dan berusaha kita harus tetap berdoa dan menjalankan perintah Allah SWT. Agar semua proses yang dijalankan lebih lancar dan diridhoi,” sambungnya.

Kepada adik tingkat yang saat ini duduk di semester VI, Vina berpesan agar terus semangat belajar bertekad menyelesaikan studi dengan semaksimal mungkin. Jalannya proses perkuliahan menurutnya harus dilakukan secara baik dan serius. “Saya juga berfikir harus lebih maksimal menyelesaikan studi ini untuk membanggakan kedua orang tua. Mudah-mudahan dengan persembahan ini, jerih payah kedua orang tua sedikit terobati,” pungkasnya. (cw2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *