Loper Koran Yang Kini Menjadi Kades

  • Whatsapp
Kades Talang Padang Sumantri

SIAPA menyangka dirinya akan menjadi seorang pimpinan masyarakat. Dahulu, Sumantri, AMd hanyalah seorang loper koran yang kemudian diangkat menjadi karyawan Harian Rakyat Bengkulu (RB). Perjalanan karirnya di dunia media cetak pun membawanya menjadi karyawan Harian Radar Selatan (Rasel).

Tidak sebentar, menjadi karyawan Rasel hampir sembilan tahun, berbagai tugas dijalaninya. Mulai dari seorang tenaga periklanan, dirinya sudah berkecimpung dengan pemerintahan desa. Meliput berbagai kegiatan di desa, menjadikannya sedikit banyak memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan desa.

Bacaan Lainnya

Setidaknya, bagaimana mengelola Dana Desa (DD) yang harus dipublikasikan sebagai bentuk transparansi. Atau berbagai kegiatan pengembangan potensi desa yang dapat dikembangkan dengan pemberitaan media massa.

“Saya tinggal di Desa Talang Padang, menjadi karyawan Rasel itu membuka pemikiran saya untuk mencoba mengembangkan potensi tempat kelahiran saya sendiri,” ungkap Sumantri yang akrab disapa Cik Suman ini.

Bagi Cik Suman, kepercayaan masyarakat Desa Talang Padang pada Pilkades Serentak 28 Juni 2021, merupakan amanah yang harus diemban. Kebanggaan menjadi tugas berat untuk memberikan pelayanan penuh bagi warganya.
“Menjadi kades itu butuh kepercayaan warga. Tidak mungkin dapat membangun desa tanpa kebersamaan dan kepercayaan warga,” tegas ayah dari tiga orang anak ini.

Sedikit banyak, ilmu yang didapat semasa perkuliahan di Akademi Keuangan Perbankan, menjadi modal bagi pria kelahiran 19 Juni 1974 ini untuk mengelola DD yang akan diembannya selama periode 2021-2027.

“Saya butuh bantuan segala pihak untuk dapat menjalankan pemerintahan desa. Untuk dapat membangun desa yang dibanggakan ini agar lebih maju. Bukan hanya dari masyarakat, tapi dari segala pihak, dari pemerintahan daerah, hingga masyarakat luar yang dapat bersama memajukan desa kami,” ungkap Cik Suman.

Niatnya untuk mengabdi bagi Desa Talang Padang Kecamatan Pino Raya ini terbilang cukup mudah. Pasalnya hampir 90 persen warga atau 469 suara yang memilihnya saat Pilkades Talang Padang digelar.

“Saya berharap amanah dari masyarakat yang memilih saya saat pilkades, bukan hanya mengantarkan saya menjadi kades. Tapi benar-benar dapat membantu saya menjalankan tugas untuk bersama membangun desa yang kami banggakan ini,” demikian Cik Suman. (mg1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *