Musrenbang RPJMD, Bupati Gusnan: “Melah Beghiluak”

  • Whatsapp
PAPARKAN: Bupati BS memaparkan visi misi serta arah rencana pembangunan BS dalam musrenbang RPJMD BS tahun 2021-2026

KOTA MANNA – Bappeda dan Litbang BS menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) BS tahun 2021-2026, di Gedung Pemuda Manna, Kamis (24/6).

Bupati BS Gusnan Mulyadi menyatakan bahwa Musrenbang RPJMD merupakan forum yang sangat strategis dalam menentukan perencanaan pembangunan BS untuk 5 tahun ke depan. “Saya berharap penyusunan RPJMD ini dapat dilakukan dengan cermat dan komprehensif, serta memperhatikan masukan dan pertimbangan dari para pemangku kepentingan pembangunan,” tegas Bupati.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu juga, bupati juga menyampaikan jargon “melah beghiluak” atau ayo perbaiki yang merupakan label untuk mewujudkan misi pembangunan di BS yakni “Terwujudnya Masyarakat Madani Menuju Bengkulu Selatan Emas Berlandaskan Cinta BS”.

“Cinta BS merupakan formulasi dari komitmen yang akan diwujudkan dalam mendorong keberhasilan pembangunan di Bengkulu Selatan, yakni C cerdas, I integritas, N inovatif, T tauladan, A agamis, BS berdaya saing tinggi,” papar Gusnan.

Nah, sambungnya, label “melah beghiluak” tersebut membingkai empat misi untuk mewujudkan visi Bengkulu Selatan 2021-2026. Yaitu, mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sejahtera dan berdaya saing. Kedua, memperkuat infrastruktur berkeadilan, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Ketiga, membangun kemandirian ekonomi yang berkualitas dan berdaya saing. Dan Keempat, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang berkualitas berbasis teknologi informasi. “Saya harap, visi misi yang telah dibuat ini didukung bersama dengan program kerja yang baik, melalui koordinasi, sinergi dan kolaborasi disetiap perangkat daerah, Agar bisa sesuai dan terwujud dalam perencanaan daerah yang partisipatif,” lanjutnya.

Gusnan berharap dengan forum Musrenbang ini bisa menjadi media efektif dalam penajaman terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah. “Dan untuk seluruh stakeholder pembangunan yang hadir, saya harap dapat memberikan sumbangan pemikiran, saran, dan masukan guna penyempurnaan Rancangan RPJMD Kabupaten BS Tahun 2021-2026,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang BS Sukarni, SP, Msi mengatakan, digelarnya Musrenbang RPJMD demi mencapai visi misinya sehingga perlu dilakukan penyesuaian pembangunan jangka menengah 2021-2026 dan tidak melenceng dari visi misi bupati dan wakil bupati. “Semoga musrenbang ini menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang berkualitas untuk menuju pembangunan Kabupaten Bengkulu Selatan yang semakin maju dan lebih baik lagi. Dan yang terpenting, program-progam prioritas yang diinginkan bupati bisa terakomdir dalam dokumen,” harap Sukarni

Sementara itu, musrenbang merupakan bentuk upaya penguatan perencaan pembangunan, dan untuk memperkuat perencanaan pembangunan Kabupaten BS.

Untuk itu perlunya dilakukan perencanaan yang matang agar terget pencapaian sebagaimana visi misi Bupati tercapai. Oleh karena itu, penyusunan RPJMD ini, dapat memberikan gambaran secara jelas visi misi tujuan dan strategi serta arah kebijakan pembangunan. (yip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *