Pendap, Makanan Khas Bengkulu Selatan Masuk Tiga Besar Makanan Tradisional Populer

  • Whatsapp

KOTA MANNA, radarselatan.rakyatbengkulu.com Siapa sangka Pendap masuk dalam tiga besar kategori makanan tradisional populer dalam event Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards tahun 2020. Pendap memang menjadi salah satu makanan tradisional di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Provinsi Bengkulu. Bahkan harga satu porsi pendap ini tergolong murah yakni rerata harga Rp6 ribu sampai Rp10 ribu atau tergantung ukuran.

Rencananya, malam anugrah API Awards akan dilaksanakan pada 9 April nanti di Labuan Bajo-NTT. Dimana penghargaan itu diikuti oleh 34 Provinsi dan 140 Kabupaten/Kota yang terwakili dalam 180 nominasi pada 18 kategori yang ada. Nah, Pendap sendiri masuk dalam 3 besar kategori makanan tradisional terpopuler.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pariwisata BS, Drs H.Yulian Fauzi MAP mengaku sangat bersyukur Pendap masuk dalam kategori bahkan 3 besar skala nasional. “Alhamdulillah, tidak disangka-sangka Pendap masuk dalam 3 besar. Ini juga salah satu strategi branding kita ke tingkat nasional dalam hal memperkenalkan destinasi wisata dan kuliner yang ada di Bengkulu Selatan,” ujar Yulian Fauzi.

Yulian berharap kedepannya tidak hanya ada di BS atau Provinsi Bengkulu saja tapi bisa ada di daerah lain juga. “Misal begini, mau makan Pendap tidak harus ke Bengkulu Selatan dulu kan. Di sini ada tinggal pilih mau ukuran yang mana. Sama harapan saya juga begitu, Pendap ada di mana-mana,” tutup Yulian.

Anugerah Pesona Indonesia sendiri merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap dunia pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

Pada tahun 2020 lalu, API telah menginjak penyelenggaraan yang ke-5. API 2020 diikuti oleh 34 Provinsi dan 140 Kabupaten/Kota yang terwakili dalam 180 nominasi pada 18 kategori yang ada. Dan untuk kategori makanan tradisional terpopuler pada vote yang dimulai November 2020 lalu adalah Coto Manggala, dari Kotawaringin Barat dengan perolehan 16,3%, Pendap dari Kabupaten Bengkulu Selatan dengan perolehan 14,3% dan Se’i, dari NTT dengan perolehan 12,1%. (one)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *