Sehari, Covid-19 di Bengkulu Bertambah 365 Kasus

  • Whatsapp
PROKES: Proses pemakaman jenazah pasien covid-19

BENGKULU – Kasus konfirmasi covid-19 di Provinsi Bengkulu terus mengalami peningkatan. Kamis (29/7), terdapat penambahan 365 kasus positif yang tersebar di 10 kabupaten/kota.

Tambahan kasus terbanyak terjadi di Kota Bengkulu dengan 119 kasus. Kemudian disusul Bengkulu Utara dengan 97 kasus, Kepahiang 84 kasus, Bengkulu Selatan 26 kasus, Seluma 6 kasus, Rejang Lebong 5 kasus, Bengkulu Tengah 4 kasus, Kaur 4 kasus dan Lebong 2 kasus.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, mengatakan peningkatan kasus konfirmasi terlihat dari jumlah sampel yang diperiksa. Di mana spesimen sampel swab yang diperiksa di laboratorium kesehatan, lebih dari 100 sampel perhari.

Padahal sebelumnya, hanya sekitar 50 sampel perhari. Peningkatan sampel ini juga terjadi di seluruh laboratorium PCR di Bengkulu. Selain itu, indikator lainnya adalah peningkatan jumlah pasien positif yang dirawat di rumah sakit rujukan. “Pasien yang dirawat memiliki gejala sedang maupun berat,” ungkap Herwan.

Dia mengatakan, pemerintah terus menjaga ketersediaan tabung oksigen dengan mengusulkan tambahan kuota. Dengan meningkatnya jumlah pasien positif, maka kebutuhan oksigen dipastikan semakin meningkat. “Bengkulu sudah mengusulkan tambahan tabung oksigen dan alat PCR untuk mempermudah tracking kasus,” ujar Herwan.

Dia menambahkan, penambahan kasus ini salah satunya disebabkan sampel spesimen yang sebelumnya belum diperiksa. Dengan adanya penambahan alat PCR, diharapkan tidak ada lagi sampel spesimen yang harus menunggu pemeriksaan.

“Dengan adanya pembatasan kegiatan masyarakat, kami berharap kasus covid-19 bisa diminimalisir. Untuk itu masyarakat juga harus disiplin menjaga diri dan keluarga dalam penerapan protokol kesehatan,” pungkasnya. (cia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *