Tanpa Pemilihan Ulang, Jika Suara Pilkades Sama, Dites!

  • Whatsapp
PANTAU: Bupati Gusnan Mulyadi memantau pendistribusian kotak suara Pilkades serentak 2021

Bupati: Beda Pilihan Tetap Jaga Kerukunan

KOTA MANNA – Hari ini, 127 desa di BS akan menggelar Pilkades serentak 2021. Sesuai aturan, proses pemungutan suara akan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB, hingga pukul 13.00 WIB, di masing-masing TPS. Setelah itu dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh panitia penyelangara.

Jika di antara calon nanti ditemukan raihan suara sama, penentuan pemenang akan dilakukan melalui proses tes sesuai aturan Perbup Pilkades. “Tes dilakukan panitia kabupaten (DPMD BS),” tegas Kepala DPMD BS, Hamdan Syarbaini, S.Sos.

Bacaan Lainnya

Ditambahkan Hamdan, panitia desa harus bekerja profesional agar penyelenggaraan Pilkades berjalan sukses. Jika ada persoalan di lapangan, harus diupayakan diselesaikan di tingkat desa dan tim pengawasan kecamatan.

Sementara itu, Bupati BS Gusnan Mulyadi yang memantau persiapan Pilkades di sejumlah wilayah, berpesan agar pelaksanaan pilkades dapat berjalan aman, tertib dan lancar. “Sejauh ini hasil pengecekan ke lapangan, alhamdulillah persiapan penyelenggaran pilkades sesuai rencana. Logistik berupa surat suara dan kotak suara sudah disalurkan ke masing-masing desa yang melaksanakan Pilkades,”ujar Gusnan usai memantau logistik di Kecamatan Seginim, Air Nipis, Kedurang, Kedurang Ilir dan Bunga Mas, Sabtu (26/6) siang.

Bupati secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0408 BS/Kaur dan Polres BS yang berpartisipasi menjaga Kamtibmas selama tahapan Pilkades. Bupati juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga silahturahmi dan kerukunan meski berbeda pilihan.

“Jangan jadikan Pilkades menjadi ajang perpecahan antar sesama. Memecah persaudaran dan memutus tali silahturahmi. Harap tetap kondusif hingga pelantikan kades terpilih. Seluruh panitia dan masyarakat juga harus tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 selama pelaksanaan Pilkades,” pesan Bupati. (one)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *