Tengah Malam Ini, Pendaftaran CASN Ditutup

  • Whatsapp
ASN di lingkungan Pemkab BS

Seleksi Dijadwalkan Bulan Agustus

BENGKULU – Masa pendaftaran seleksi CASN 2021, khusus untuk CPNS, akan berakhir pada tengah malam nanti, pukul 24.00 WIB, Senin (26/7). Kabid Pengadaan, Pemberhentian, Informasi Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu, Rufran, S.Sos, meminta masyarakat yang berminat menjadi CPNS untuk dapat memanfaatkan batas waktu terakhir pendaftaran sebaik-baiknya.

“Yang belum mendaftar, masih ada waktu sehari. Hingga pukul 00.00 WIB (nanti malam, red),” tegas Rufran.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan untuk seleksi CPNS Pemprov Bengkulu, formasi Satpol PP masih menjadi yang terbanyak diburu pelamar, mencapai 2.000 pendaftar. Namun, hanya sekitar 1.000 orang yang melakukan submit berkas. Formasi CPNS tenaga Satpol PP Pemprov Bengkulu sendiri mendapat 5 kuota dengan kualifikasi pendidikan SMA sederajat. “Satpol PP masih mendominasi. Sedangkan formasi yang masih kosong pelamar ada 7 formasi,” beber Rufran.

Dia mengatakan, secara keseluruhan untuk CPPPK dan CPNS Pemprov Bengkulu jumlah pendaftar sebanyak 4.000 orang lebih. Jumlah itu diperkirakan masih bertambah hingga waktu terakhir masa pendaftaran. “Hingga sore ini (kemarin), jadwal seleksi CPNS masih sama. Belum ada informasi terbaru,” bebernya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM BS H Minarman SH mengatakan pendaftaran seleksi tahap I untuk CPPPK awalnya akan ditutup pada 21 Juli lalu. Namun pemerintah memutuskan memperpanjang jadwal pendaftaran hingga 26 Juli, hari ini.

Hal itu sesuai SK Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021. Untuk seleksi CPPPK BS, masih didominasi formasi tenaga guru SD atau guru kelas. Dari kuota 369 formasi, lebih 280 orang pelamar CPPPK yang mendaftar melalui SSCASN BKPSDM BS. “Silahakn bagi yang belum sempat mendaftar, masih ada waktu di hari terakhir. Harus dimanfaatkan sebaik mungkin waktu yang ada,” ujar Minarman.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS, Rispin Junaidi, mengatakan, setelah tahapan pendaftaran ditutup hari ini, panitia akan melakukan tahapan tes dengan sistem CAT. Adapun jadwal tes direncanakan pada Agustus mendatang, antara tanggal 23 hingga 29 Agustus 2021.

“Untuk pelaksanaan tes direncanakan di empat lokasi. SMP 1 BS, SMP 5 BS, SMPN 9 BS dan SMPN 13 BS. Empat lokasi tersebut terdiri dari tujuh lokal yang dilengkapi dengan fasilitas komputer,” jelasnya.

Ditambahkan Rispin, untuk materi tes terdiri dari kompetisi teknis dengan bobot nilai 60 persen dan manajerial kultural sosial serta wawancara bobot nilai 40 persen. Untuk waktu tes secara keseluruhan 175 menit.

“Untuk tes nanti pelaksanaannya masih menunggu jadwal dari panitia pusat. Antara 23 hingga 29 Agustus. Materi tes terdiri dari kompetisi teknis sesuai dengan materi pelajaran, lalu manajerial kultural sosial dan wawancara. Sedangkan lokasi, ada empat titik dan telah disiapkan. Kemungkinan tes hanya satu hari,” terang Rispin. (one)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *